Laman

Senin, 29 Desember 2014

Malang: Wisata Pantai

Ke Malang tapi bosan dengan obyek wisata daratan? Jangan khawatir. Meskipun merupakan daerah dataran tinggi yang dikelilingi banyak gunung dan pegunungan, beberapa bagian Malang (daerah selatan) merupakan daerah berpantai. Berikut adalah beberapa pantai di Malang yang layak untuk dikunjungi:

* Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak sekitar 57 km dari Kota Malang. Tepatnya terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Ini merupakan salah satu wisata pantai unggulan di daerah Malang yang memiliki pemandangan unik. Di sekitar pantai, terdapat tiga pulau kecil yang saling berdekatan. Salah satunya adalah Pulau Ismoyo, yang di atasnya dibangun sebuah kuil Hindu. Setiap tahun, umat Hindu melakukan ritual dan upacara Jalanidhipuja dan juga acara Suran (Tahun Baru Jawa). Sebagai daerah yang sudah dijadikan daerah tujuan wisata, di sekitar pantai sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti area parkir, warung, penginapan, hingga toko suvenir.
Pantai Balekambang

Untuk pergi ke pantai ini, bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum dari Kota Malang. Dengan jalur Malang – Kepanjen – Pantai Balekambang atau Malang – Gondanglegi – Pantai Balekambang.

* Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak terletak di dekat Pantai Balekambang. Meski begitu, tak seperti Balekambang, pantai ini masih sepi pengunjung. Namun tentu saja akan menjadi menarik bagi mereka yang tak terlalu suka suasana yang riuh.

* Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru berada di Kecamatan Sumber Manjing Wetan, berjarak sekitar 69 km ke arah selatan dari kota Malang. Pantai ini merupakan pantai nelayan dan tempat pelelangan ikan. Selain itu, sekali setahun diadakan upacara larung sesaji Petik Laut, oleh warga sekitar.

Transportasi ke Sendang Biru:
Transportasi paling praktis tentu saja dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa sepeda motor (banyak penyewaan sepeda motor di Malang). Namun jika ingin merasakan petualang ala backpacker, bisa menggunakan angkutan umum. Dari Kota Malang, bisa mencari angkot ke Terminal Gadang (angkot dengan huruf "G", ongkos angkot Rp. 4000 paska kenaikan bbm). Dari Terminal Gadang, dilanjutkan angkot tujuan Pasar Turen (Rp.5000, dulu) dan dari Pasar Turen dilanjutkan dengan angkutan umum berikutnya (biasanya berupa L300) tujuan Sendang Biru. Mobil biasanya akan cukup lama ngetem menunggu penumpang penuh, jadi harap bersabar karena biasanya memakan waktu yang lebih dari 1 jam :) Perjalanan dari Turen ke Sendang Biru sendiri hanya sekitar 1,5 jaman. 

*Pulau Sempu

Pulau Sempu bisa ditempuh dengan menyeberang dari Pantai Sendang Biru, merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni dan merupakan salah satu cagar alam yang dilindungi. Luasnya hanya sekitar 877 ha.
Dan karena merupakan daerah cagar alam, untuk masuk ke pulau ini, diperlukan ijin dari Perum Perhutani, sebagai pengelola kawasan. Biaya ijin Rp, 25000/ grup (mungkin sekarang sudah naik). Pihak Perum Perhutani biasanya juga akan ditawarkan guide jika memang ingin ditemani guide. Di sini juga disediakan penyewaan tenda dan berbagai perlengkapan berkemah. 
Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu

Untuk mencapai pulau ini, bisa ditempuh dengan menyeberang menggunakan perahu dari Pantai Sendang Biru dengan biaya sewa sekitar Rp. 100-an ribu (PP) dan jarak tempuh sekitar 10 menit dan kapal akan berhenti di Teluk Semut. Perjalanan selanjutnya dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri hutan kecil menuju Segara Anakan  (sekitar 1 jam).

Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini adalah berkemah sambil menikmati suasana pulau dan pantai Segara Anakan yang indah dan berair kehijauan.


* Pantai Bajulmati

Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Malang, tepatnya di Kecamatan Gedangan. Pantai ini memang belum sepopuler Pantai Balekambang atau Sendang Biru, namun keindahannya tak kalah. Seperti halnya di Sendang Biru, di pantai ini juga rutin diadakan riutal Larung Sesaji pada H+7 Hari Raya Idul Fitri (hari raya ketupat). 

Bajul Mati sendiri berarti "Buaya Mati", dinamakan demikian konon karena adanya gugusan bukit di seberang pantai yang  terlihat seperti buaya (bajul).

Untuk sampai ke pantai ini, bisa ditempuh melalui Pantai Sendang Biru melintasi Jalan Lintas Selatan. Mungkin cukup sulit jika menggunakan transportasi umum karena pastinya harus menyambung-nyambung, karenanya alternatif transport terbaik adalah menyewa sepeda motor/mobil dari Kota Malang.

Pantai Goa Cina

* Pantai Goa Cina.

Pantai ini terletak di tengah-tengah antara Pantai Sendang Biru dan Pantai Bajulmati (sekitar 10 menit dari Pantai Sendang Biru dengan kendaraan). Nama Goa Cina sendiri berasal dari lubang kecil yang berada di pulau kecil di pinggir pantai tersebut. Konon, dulu tempat itu merupakan tempat persembunyian seorang keturunan Cina dari kejaran tentara Belanda.

Aktivitas yang bisa dilakukan adalah menikmati keindahan pantai berpasir putih dan berkarang-karang.

* Pantai Tamban
Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Sendang Biru. Aksesnya masih memadai sehingga tidak terlalu ramai dikunjungi. Kegiatan yang bisa dilakukan ini, selain menikmati keindahan pantai yang berpasir, juga membeli ikan.

 * Pantai Sipelot
Pantai yang terletak di Malang Selatan ini juga masih sepi karena letaknya agak tersembunyi. Hal yang menarik dari pantai ini adalah adanya air terjun Coban Sipelot (sekitar 10 meter).

* Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep merupakan pantai dengan banyak batu karang yang berpadu dengan hamparan pasir putih, tebing-tebing dan juga hutan.

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar