Laman

Rabu, 24 Desember 2014

Malang: Tempat Menarik di Kota Batu dan Sekitarnya

Jika bosan mengelilingi kota Malang, tenang saja, karena masih ada tempat yang worthed untuk dikunjungi. Pertama, tentunya adalah Kota Batu. Kota Batu bisa ditempuh kurang dari 1 jam dari Kota Malang, merupakan kota kecil yang berada di dataran tinggi berhawa sejuk. Dengan kendaraan umum, bisa ditempuh dengan angkot dari Terminal Landung Sari (bisa naik angkot dengan ujung "L" dari terminal Arjosari seperti: AL atau ADL. Atau bisa juga naik angkot ke arah Singsosari dan turun di pertigaan Karang Lo, kemudian cari saja angkot yang ke arah Batu.

Kota Batu sendiri sepertinya memang dikonsepkan sebagai kota wisata sehingga fasilitas dan atraksi wisata bisa dibilang cukup lengkap. 

Tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di sini:
Jatim Park (sumber foto: http://www.wikipedia.org/)

- Jatim Park

Jawa Timur Park atau Jatim Park, merupakan tempat yang menyediakan aneka wahana permainan. Tak tanggung-tanggung, di sini ada Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Tiket masuk (sebelum kenaikan BBM), Jatim Park 1 Rp 50.000 (Senin-Kamis) atau Rp 60.000 (Jumat-Minggu). Wahana permainan yang ada di Jatim Park 1 adalah Secret Zoo, Tree Hotel, dan Museum Satwa. Sedangkan Jatim Park 2 tiketnya Rp 60.000 (hari biasa) dan Rp 75.000 (akhir pekan), harga tiket ini merupakan harga tiket terusan.

- Agrowisata Kusuma.
Seperti namanya, ini memang sebuah perkebunan, tepatnya perkebunan sayur dan buah-buahan seperti apel, strawberry jambu, buah naga, jeruk.Tiket masuknya antara Rp 60.000 - Rp 100.000 (tergantung fasilitas yang diminta). Sembari melihat-lihat dengan ditemani pemandu, pengunjung diperkenankan mengambil sayuran atau memetik buah-buahan (tentu dalam jumlah yang dibatasi).
Alun Alun Kota Batu yang asri

- Alun-Alun Batu
Meskipun 'hanya' alun-alun, tapi alun-alun Kota Batu ditata sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berada di dataran tinggi, membuat tempat ini sebagai salah satu tempat melihat pemandangan. Apalagi ada Ferris Whell si Kincir Raksasa untuk melihat pemandangan Kota Batu dari ketinggian.
Salah satu sudut Songgoriti

- Taman Wisata Songgoriti.
Songgoriti merupakan tempat wisata bernuansa alam, dengan pohon-pohon hijau nan rindang, merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan outbound. Salah satu atrasksi wisatanya adalah pemandian air panas dimana pengunjung bebas berenang. Tiket masuk ke tempat ini Rp. 10.000,-.

- Selecta
Selecta, merupakan wisata alam yang menawarkan banyak permainan seperti flying fox, wahana outbound, kolam renang, dan taman bermain keluarga. Tiket masuknya sekitar Rp. 15.000,-

- Batu Night Spectacular (BNS)
Seperti namanya, tempat ini hanya dibuka pada malam hari. Atraksi wisata yang disajikan adalah aneka lampu dengan beragam bentuk dan warna, memberi pemandangan yang 'spectacular'. Selain itu, juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan. Tiket masuknya Rp 12.500/ orang.

Beberapa air terjun:
- Air Terjun Coban Sewu
Air terjun ini terletak di Desa Bendosari, Kec. Pujon, tak terlalu jauh dari Kota Batu (arah Kediri). Letaknya juga hanya sekitar 100 m dari jalan raya. Airnya jernih dan suasana sekitarnya hijau dan asri. Konon, air terjun ini juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan aneka penyakit.

- Air Terjun Coban Rondo.

Masih di Kec. Pujon, Coban Rondo terletak 12 km dari Kota Batu. Dikelilingi oleh hutan pinus. Ada mitos yang melatarbelakangi nama Coban Rondo. Konon, dulu ada sepasang pengantin bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Usia pernikahan mereka tak bertahan lama karena Raden Baron meninggal setelah melawan Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati. Dewi Anjarwati pun menjadi janda (rondo) dan tinggal di sekitar air terjun tersebut. Di sekitar air terjun juga terdapat kebun binatang mini yang memelihara binatang seperti rusa, landak dan monyet. Tiket masuk ke air terjun Rp. 10.000,-


(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar